Artikel

LP3 UMSurabaya Adakan Pendampingan Portofolio MK dan Pengukuran CPL

  • Di Publikasikan Pada: 31 Jan 2024
  • Oleh: Admin

UMSurabaya - Dalam rangka mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama 7 (IKU 7) berupa terwujudnya kelas yang kolaboratif dan partisipatif, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) UMSurabaya mengadakan program pendampingan yang dikemas dalam bentuk Workshop Penyusunan Portofolio Mata Kuliah dan Pendampingan CPL. Program tersebut sudah mulai dilaksanakan sejak Selasa kemarin (30/01) di ruang Auditorium lantai 13 Gedung Attauhid UMSurabaya dengan peserta yang berasal dari seluruh dosen di lingkungan Fakultas Agama Islam. Konsep dari pendampingan tersebut memang bergantian antar fakultas. 

Program pendampingan yang dilaksanakan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I UMSurabaya, Dr. M. Ridlwan, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan sangat mengapresiasi dengan adanya program ini dan memang sudah seharusnya dosen-dosen di lingkungan UMSurabaya paham bagaimana cara penyusunan portofolio mata kuliah hingga penghitungan pengukuran CPL dari suatu mata kuliah. Kepala LP3 UMSurabaya, Dr. Dra. Sujinah, M.Pd., mengatakan bahwa, "Program pendampingan ini dilaksanakan secara bergantian antar fakultas, dimulai dari fakultas yang akan menghadapi akreditasi. Tujuannya adalah supaya dosen-dosen di lingkungan fakultas tersebut minimal sudah memiliki portofolio mata kuliah sebagai pendukung.,"

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi oleh narasumber kemudian dilanjutkan dengan sesi pendampingan per-program studi. Masing-masing program studi didampingi oleh tim dari LP3 yang sudah berkompeten dibidangnya untuk memfasilitasi peserta yang hendak menyusun portofolio mata kuliah dan mengukur CPL mata kuliahnya. Pada sesi pendampingan tersebut, seluruh peserta terlihat sangat antusias dan menyimak penjelasan dari tim pendamping. Setelahnya, peserta akan diminta untuk praktik secara langsung dengan didampingi oleh pendamping masing-masing. Sebagai bentuk luaran ketercapaian program tersebut, peserta diminta mengirim hasil pekerjaannya dan akan ditelaah oleh LP3 sebagai bentuk pengukuran ketercapaian pemahaman terhadap penyusunan portofolio mata kuliah dan pengukuran CPL. (sk)